.
Wednesday, December 19, 2012

TEKNIK CETAK

Assalamualaikum wr.wb.


Teknik cetak yang sering digunakan antara lain :
1.     Cetak Offset (Offset Printing)
        Cetak offset adalah suatu teknik mencetak dengan menggunakan pelat yang datar sebagai acuan cetak.
        Berdasarkan cara pemasukan material kertas yang akan di cetak, mesin cetak Offset dapat dibagi dua, yaitu:

  • Mesin cetak lembaran (sheetfeed) yaitu mesin cetak yang menggunakan kertas lembaran, biasanya digunakan untuk mencetak majalah, buku, brosur, kalender, poster, dos kemasan.
  • Mesin cetak gulungan (Webfeed) yaitu mesin cetak yang menggunakan kertas roll/gulung.biasanya digunakan untuk mencetak Koran, tabloid, buku atau majala

2.      Cetak Flexografi (Flexography Printing)

         Cetak Flexografi adalah suatu teknik cetak yang menggunakan acuan cetak berupa pelat dari karet atau photopolymer. Cetak flexografi dikenal juga sebagai cetak tinggi karena tinta dialihkan dari area cetak yang lebih tinggi ke media cetak. Pemindahan tinta ke pelat cetak melalui rol transfer yang disebut Anilox dan terbuat dari tembaga (Cu) atau keramik. Pemahaman sederhana cetak fleksografi dapat kita lihat pada prose’s pembuatan stempel. Cetak flexografi banyak digunakan untuk mencetak kemasan label, corrugated (karton gelombang). Cocok untuk mencetak dengan jumlah cetak tinggi.


3.     Cetak Rotogravure (Rotogravure Printing)

   Rotogravure  dalam dunia grafika berarti cetak dalam. Atau dalam bahasa awam adalah teknologi cetak yang biasa digunakan untuk mencetak media yang terbuat dari bahan yang fleksibel (misalnya; berbagai jenis plastik, alumunium dan kertas serta PVC). Bahan yang akan dicetak adalah dalam bentuk rol atau gulungan. Hasil dari cetakan rotogravure tersebut tidak langsung dapat dinikmati oleh konsumen, tetapi harus melalui beberapa tahap, sbb (misalnya pembuatan kemasan makanan ringan anak-anak)


4.     Cetak Sablon (Screen Printing)

     Teknik cetak saring (sablon) adalah kegiatan cetak mencetak yang menggunakan alat bantu menggunakan screen.
dalam arti luas sablon bisa di artikan sebagai teknik mencetak di berbagai medium seperti kain,kaos , tas , baju , seng, kulit imitasi,kertas,kayu,mika,kaca, dll. dengan alat bantu berupa screen dan dapat digandakan dengan jumlah yang sangat tak terbatas/digandakan sesuai keinginan





5.     Cetak digital (Digital Printing)
Cetak digital atau Digital Printing adalah suatu taknik cetak tanpa melalui proses pembuatan acuan cetak, melainkan melalui proses digital, biasanya komputer berupa data langsung tercetak ke bahan, biasanya digunakan untuk pekerjaan dalam jumlah kecil, contoh banner, spanduk dll.



Dirangkum dari beberapa sumber....





Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: TEKNIK CETAK; Ditulis oleh khusen; Rating Blog: 5 dari 5
Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store