.
Sunday, January 20, 2013

Mencicipi Damn Small Linux di Windows

Install linux di windows? Apa bisa? Beresiko nggak? Manfaatnya? Heem... Gimana ya ... Ok Saya jawab... Install linux di windows, apa bisa? Bisa!!!! Beresiko nggak?  Nggak. Lalu apa manfaatnya salah satunya adalah linux itu free, kita bebas untuk menggunakannya. Sebagai alternatif bagi kita yang tidak mau membeli lisensi windows selain membajaknya hehe. Ingat, belum tentu popularitas windowsi itu tidak bisa tergeser oleh yang lainnnya. Sebagai contoh perangkat mobile yang dulunya dikuasai oleh Nokia sekarang telah dikuasai oleh Samsung dengan mengusung Android yang notabene adalah salah satu varian linux.
Yang mahir linux di negara kita ini bisa dihitung dengan jari. Kenapa? Karena kebanyakan dari kita generasi yang sekarang ini tahunya komputer ya windows, windows berarti komputer. Kenapa (lagi), karena sebagian besar penduduk di negara kita ini baru satu-dua tahun ini melek apa yang namanya teknologi yang salah satunya komputer, sebelum itu apalagi generasi bapak-bapak kita gak akan begitu tahu kecuali mereka yang mengenyam pendidikan setingkat perguruan tinggi.
Ok kembali ke topik, Instalasi linux di windows sangat mudah dilakukan semudah melakukan instalasi aplikasi yang ada di windows bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dengan menginstall windows itu sendiri. Ada beberapa varian/distro linux yang bisa saya contohkan yaitu :
Damn small linux, Linux Mint, dan Puppy linux untuk distro linux lain mungkin ada juga akan tetapi saya belum mencobanya. Seperti halnya Ubuntu (distro linux yang paling populer di Indonesia) yang juga telah merelease instalasi melalui windows. Akan tetapi saya belum berniat mencobanya karena bersifat online installer, jadi kita diharuskan terhubung dengan internet untuk menginstallnya. Mungkin masih ada lagi linux lain karena varian linux masih buanyak lagi termasuk linux yang dikembangkan oleh pengembang lokal yaitu Blankon linux.

Cara instalasi Damn Small Linux (DSL) .
Setahu saya DSL adalah varian linux yang paling ringan karena file installernya yang sangat kecil bahkan lebih kecil dibandingkan sebagian aplikasi yang ada di windows yaitu hanya sebesar 60 mb saja. Untuk sekedar mencoba DSL ini silakan download Di sini  pilih yang bertipe embedded.zip  


Ekstrak lalu jalankan file .bat maka DSL akan berjalan seperti  aplikasi windows lainnya


Selamat mencicipi Damn Small Linux.

Untuk Puppy Linux dan Mint akan saya bahas di lain kesempatan.

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Mencicipi Damn Small Linux di Windows; Ditulis oleh khusen; Rating Blog: 5 dari 5
Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store