.
Sunday, May 19, 2013

Cara Mengambil Alih Kepemilikan (Izin/Hak Akses) dari File atau Folder di Windows 8

Mungkin ada yang bertanya buat apa mengambil alih kepemilikan (izin hak akses) dari File atau Folder di Windows 8, gunanya adalah pada saat akan menerapkan tema, skin dan hal-hal kustomisasi lain yang mengharuskan Anda untuk mengganti atau memodifikasi file sistem yang ada pada Windows, Anda diharuskan/perlu mengambil kepemilikan atas file atau folder sebelum memodifikasi atau mengganti file tersebut.
Untuk mengambil alih kepemilikan suatu file atau folder tentu membutuhkan langkah yang agak rumit, akan tetapi kali ini saya akan coba menjelaskan dengan bantuan gambar, agar tentunya sedapat mungkin dimengerti.
Adapun langkah-langkahmnya sebagai berikut:
1. Tentukan file atau folder yang Anda ingin mengambil kepemilikan. Klik kanan pada file atau folder dan pilih Properti .
2. Ini akan membuka jendela Properties. Sekarang pergi ke tab "Security", di sini nampak bahwa hak akses/permission untuk file yang kita pilih adalah hanya sebatas read dan execute yang terlihat pada tanda centang yang ada. Di sinilah yang akan kita ubah hak akses menjadi full control untuk mendapat hak akses penuh. Caranya pilih nama pengguna dari daftar yang diberikan. Anda akan melihat bahwa Anda tidak memiliki kontrol penuh.


3. Klik pada " Advance "dan itu akan membuka jendela baru. Advance security setting, terlihat owner/pemilik folder tersebut Pilih "Change"



4. Pada jendela baru select user group, terdapat nama user yang tertera pada tab "From the location", untuk memastikan user mana yang Anda pakai pilih lagi advance


5. Nah pada jendela kali ini, apabila Anda tekan "Find Now" maka semua user akan ditampilkan. Langka berikutnya adalah pilih salah satu (yang administrator tentunya). Lalu tekan OK, yang akan memunculkan jendela sebelumnya.



6. Nama user sudah lengkap, pilih user Anda klik OK lagi, untuk kembali ke jendela sebelumnya,




7. Nah kembali ke jendela "Advance Security, Di Sini terlihat User sudah "full control", jika belum klik 2x untuk merubahnya, hingga muncul jendela baru


8. Beri centang pada semua pilihan, termasuk full control, sehingga user kita full kontrol, Klik OK, OK lagi. Sampai selesai 



Tunggu proses pengalihan hak akses, mungkin agak lama bergantung jumlah file.

Dari cara panjang di atas ada cara singkat melalui commamd prompt.

Langkahnya :
1. Jalankan Command prompt dengan klik kanan pada pojok kiri bawah layar desktop.
2. Ketik takeown /F "C:\Program Files\WindowsApps" /A
3. Hasilnya sama.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Cara Mengambil Alih Kepemilikan (Izin/Hak Akses) dari File atau Folder di Windows 8; Ditulis oleh khusen; Rating Blog: 5 dari 5
Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store