.
Friday, January 25, 2013

Aplikasi Windows 8 "Snipping Tool"


Aplikasi Snipping Tools adalah aplikasi yang sudah terpaket dalam instalasi Windows, dimulai sejak versi windows 7 aplikasi ini sudah disertakan. Aplikasi ini berguna sebagai penangkap gambar layar atau lazim disebut screen capture. Meskipun merupakan tools yang sangat sederhana akan tetapi fungsi screen capture menurut saya sangat fital terutama dalam proses dokumentasi suatu proses, semisal penginstalan suatu software ataupun dalam proses pembuatan tutorial. Dengan adanya aplikasi ini kita akan terbantu dengan menyimpan setiap langkah demi langkah yang kita lakukan dalam melakukan penginstalan suatu software misalnya. Jadi apabila kita ingin melakukan instalasi ulang maka kita tinggal melihat kembali hasil capture aplikasi ini. Untuk cara pemakaian software/aplikasi ini sangat mudah, berikut bebrapa cara yang bisa kita lakukan dalam meng-capture.

Ketika di UI Metro atau Layar Start, Anda dapat mengklik pada ubin/kotak Snipping Tool untuk membukanya. Alat ini akan terbuka  Anda. Ketika dalam mode Desktop, Anda dapat membukanya dengan mengetikkan Snipping Tool di Search Bar. Jika Anda menggunakannya secara teratur, Anda juga dapat membuat shortcut pada desktop agar dapat mengaksesnya dengan mudah.

Untuk meletakkan aplikasi ini pada layar Start ketika pada Layar 8 Start Windows, klik kanan pada area kosong di layar (bukan pada tile/ubin). Klik pada pilihan 'All App'. Di bar muncul dari bawah layar,. Anda akan melihat semua aplikasi. Cukup klik kanan di atasnya dan pilih "Pin to Start 'pilihan untuk meletakkannya di layar Start Anda sebagai Tile.

Snippning Tolls ini ada 4 macam type berbeda dalam melakukan capture yaitu:

  1. Free-form Snip memungkinkan Anda menangkap gambar dalam bentuk tak beraturan,
  2. Rectangular Snip mengcapture objek sesuai kotak yang Anda bentuk
  3. Window Snip mengcapture window yang aktif
  4. Full-Screen Snip mengcapture seluruh layar
Cara menggunakan Snipping tools ini ada beberapa cara antara lain Tombol Windows+Printscreen, dan Ctrl+Printscreen. Dengan Ctrl+Printscreen Anda dapat melakukan Free-form Snip dan Rectangular Snip, contohnya ini

Cara melakukan capture pada sebagian layar Start Screen

Pada Windows 8, untuk menangkap bagian dari Start Screen Anda, buka Snipping Tool, tekan Esc. Selanjutnya, tekan tombol Win untuk beralih ke layar Start Screen dan kemudian tekan Ctrl + PrntScr. Sekarang pindahkan kursor mouse Anda di sekitar area yang diinginkan. Ini akan membiarkan Anda mengambil bagian dari layar Start Screen Windows 8 Anda. Untuk menangkap Layar Start Screen secara keseluruhan, Anda tentu saja dapat melakukannya dengan menekan tombol Win + PrntScr.  

Begitulah cara menggunakan salah satu aplikasi yang ada dalam OS Windows 8

Artikel menarik lainnya

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Aplikasi Windows 8 "Snipping Tool"; Ditulis oleh khusen; Rating Blog: 5 dari 5
Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store